Selasa, 26 November 2019

Tree Musketter Kalong Dagul Lestarikan Marhabba


Marhabba, adalah salah satu budaya  yang berisikan syair puja-puji kepada Allah dan Rosulnya yang mana kala itu Marhabba merupakan giat adat yang sudah mentradisi di wilayah Kalong Dagul dan sekitarnya. Namun semakin bergesernya waktu, bereser pula posisi Marhabba yang kian menghilang dari tengah masyarakat.
Sadar akan hal itu, timbul inisiaatif dari tiga tokoh setempat untuk melestarikan beragam budaya yang ada diwilayahnya termasuk budaya Marhabba yang dianggap kian memunah. Ketiga tokoh tersebut adalah Toni, Iwan dan Yanto. Kemudian merekapun berinisiatif membentuk kelompok yang diberi nama “Jaddal Husaeni”.
Sebelumnya Marhabbah digiatkan oleh Almarhum TB. Nawawi Sepuh dan menjadi tradisi yang lekat dengan tradisi kemasyarakatan di wilayah Kalong Dagul dan sekitarnya.
Kini “Jaddal Husaeni” yang dipelopori oleh Tree Musketter dari Kalong Dagul  terus berupaya  untuk melestatikan Marhaba agar tetap berkumandang pada setiap acara kemasyaarakatan. 

Alhasil alunan koor yang indah nan sakral itu mulai terdengar lagi di acara-aacara adat kemasyarakatan di kalong Dagul dan sekitarnya.

Diskusi ringan yang dilaksanakan secara rutin di Saung Aki Argapura yang membahas tentang berbagai hal. Kini mereka tengah membahas tentang Marhabba

Previous Post
Next Post