Langsung ke konten utama

Tentang Kita


Kultur budaya adalah akarnya masyarakat. Untuk membangun masyarakat dibutuhkan suatu pondasi yang kuat yakni kultur dan budaya.

Sadar akan hal itu, kami dari kelompok masyarakat biasa berusaha untuk menggali dan membangitkan kultur dan budaya tersebut lewat berbagai kreasi dan kerja nyata dalam satu naungan yakni Yayasan “Saung Aki Argapura”. Adapun upaya itu dilakukan dengan maksud sebagai penyeimbang percepatan zaman yang seakan meninggalkan masyarakat.

Disisi lain, kami juga mengelola kultur budaya agar dapat bernilai tambah secara ekonomi, hingga menjadikan ketahanan ekonomi local bagi masyarakat itu sendiri.

Banyak hal yang sudah kami kerjakan, dan kesemuanya itu beralaskan kesadaran social serta rasa bangga kami atas kekayaan nusantara yang memiliki berbagai keragaman. Dengan kemampuan yang ada, akhirnya kami melakukan berbagai kegiatan dengan maksud merangsang kesadaran masyarakat untuk ikut bangga dan menjaga kelestarian alam llingkungan seisinya, sekaligus menggali potensi yang ada di masyarakat.

“Saung Aki Argapura” berdiri pada tanggal 30 (Tiga Puluh)., bulan November, tahun 2018 dan berdomisili di Desa, Mekarjaya Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor Jawa Barat. Membangunan produktifitas masyarakat yang beralaskan kultur dan budaya setempat adalah missi kami, sedangkan Visi Yayasan adalah mencapai tatanan masyarakat yang gemah ripah lohjinawi,-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HAMPARAN MAKAM TUA DI GUNUNG GALANTUNG

Gunung Galantung yang terletak di belahan wilayah Jasinga, Bogor Barat merupakan dataran yang berundak, dan ternyata disepanjang hamparan tersebut terdapat makam-makam tua yang merupakan tokoh-tokoh Islam. Dari deretan makam-makam keramat tersebut dapat dijadikan sebagai ambaran cerita Islam baik di tanah nusantara, bahkan Islam dunia.
Banyak nama-nama tokoh Islam di makam tersebut, dari Ki Kuncung Putih Atau lebih dikenal dengan Nur Cahya, Nagandini (Cipta Rasa) yakni tokkoh Islam di era pra Rosulilloh sampai kepada Pangeran Surabaya alias Muhammad Ali, Pangeran Cakra Buana, Jaya Lelana, Raden Bentang, Pangeran Saba King King sampai kepada Ibunda Hj. Syarifah Mudaim atau Rara Santang.
Ada hal yang menarik disini, dimana Hj. Syarifah Muda’im yang merupakan Ibunda dari Syarif Hidayatullah, atau nenek dari Sultan Hasanuddin. 

Dimana Isteri dari Sultan Hud penguasa Mesir ini telah diketahui dimakamkan di Desa Jayakerta, Kecamatan Jayakerta Kab. Kerawang. Namun di di Hamparan pemakaman Gunun…

Munculnya Makam Raja Raja Nusantara di Tanah Bogor Barat

Bunar-8 November 2019
Wilayah Bogor Barat ternyata banyak menyisahkan bukti-bukti sejarah yang lekat dengan perkembangan Islam, baik di era paska Rosululla maupun era jauh sebelumnya. Seperti halnya di Bukit Kalong Dagul. Bukit yang terletak di Desa Kalong Sawah Kec. Jasinga, Kabupaten Bogor, dimana di kawasan tersebut ditemukan makam raja-raja Islam dari Kerajaan Argapura.
Menurut sesepuh setempat yang juga pemangku Yayasan Saung Aki Argapura Aki Abdurahman, Kerajaan Argapura adalah kerajaan Islam di Tanah Pasundan yang sudah ada sebelum era Nabi Muhammad SAW. Di Bukit Kalong Dagul awalnya hanya ditemukan tiga makam yakni makam Syekh Abdul Hamid (Ki Buyut Kamid) beserta Nyi Saripah isterinya . Kemudian, setelah dilakukan penggalian di wilayah sekitar  oleh tim Yayasan Saung Aki Argapura, ternyata ada ratusan nisan lagi ditemukan di seputar aral tersebut. 
Dari ratusan nisan tadi, selain Makam Ki Buyut Kamid ada tiga makam tokoh diantaranya Prabu Eyang Dugal Halimun, Eang Panji Bungalaran…

Babat Kalong Dagul

Segera akan hadirkan Babat Kalong Dagul yang berisi tentang sejarah, Tokoh Pejuang, Tokoh Kampung Kalong Dagul. Banyak Kisah dan cerita-cerita jenaka akan hadir. Jadi tunggu tayangnya ya !